May 4, 2023

Jangan Memilih Asuransi Sebelum Tau Ini! Kenali Premi Asuransi

Premi asuransi adalah elemen penting yang harus diketahui oleh semua calon nasabah asuransi. Pasalnya, premi ini yang akan memengaruhi hampir sebagian besar dari kegiatan asuransi, baik dana yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi, maupun hak dan kewajiban lainnya bagi Anda selaku pemegang polis.

Lalu, apa sih premi asuransi itu? Artikel ini akan mengupas semua yang Anda butuhkan tentang premi asuransi. Jangan lupa simak hingga akhir agar tidak ketinggalan informasi pentingnya.

Jangan Memilih Asuransi Sebelum Tau Ini! Kenali Premi Asuransi

Key takeways:

  • Premi asuransi adalah besaran dana yang harus dibayarkan oleh pihak tertanggung (pemegang polis) kepada penanggung (perusahaan asuransi).
  • Besaran premi asuransi yang harus dibayarkan adalah berdasarkan apa yang terdapat pada perjanjian kerjasama antara tertanggung dan penanggung.
  • Premi asuransi ini dapat dicairkan ketika terdapat kondisi-kondisi yang menyebabkan kerugian bagi pemegang polis. Dana premi asuransi yang dicairkan ini kemudian lebih dikenal dengan "dana pertanggungan".

Apa Pengertian dari Premi Asuransi?

Mempelajari premi asuransi dapat dimulai dari mengenal apa itu premi asuransi sendiri. Secara sederhana, pengertian premi asuransi adalah sejumlah dana yang dibayarkan olehnasabah selaku pihak tertanggung kepada pihak perusahaan asuransi atau dalam hal ini disebut penanggung.

Pembayaran sejumlah dana ini dilakukansebagai bentuk imbalan jasa atas pengalihan resiko serta kerugian yang sewaktu-waktu  mungkin akan diderita oleh tertanggung.

Istilah premi asuransi ini juga tertuang dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014. Berdasarkan Undang-Undang ini, premi adalah sejumlah uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi atau perusahaan reasuransi dan disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi atau perjanjian reasuransi, atau sejumlah uang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk memperoleh manfaat.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa premi asuransi itu merupakan uang harus dibayarkan oleh nasabah asuransi kepada perusahaan asuransi dengan nominal yang sudah disepakati dalam perjanjian awal.

Baca juga: Wajib Punya! Pahami Jenis dan Manfaat Asuransi untuk Masa Depan

Tujuan Premi Asuransi

Setelah melihat definisi dari premi asuransi, maka muncul pertanyaan, kira-kira apa tujuan premi asuransi ini? Kenapa nasabah harus membayarkan uang dalam periode waktu tertentu?

Menjawab pertanyaan tadi, sama halnya dengan membahas tujuan dari premi asuransi. Berikut ini merupakan beberapa tujuan dari premi asuransi yang perlu Anda ketahui.

1. Memperoleh Pemerataan Biaya

Tujuan premi asuransi yang pertama adalah memperoleh pemerataan biaya. Maksud dari memperoleh pemerataan biaya disini ialah sebagai pemegang polis ataupun nasabah, Anda tidak akan membayar ataupun mengganti biaya secara penuh atas semua kerugian atau masalah yang mungkin saja Anda alami.

Kerugian yang Anda terima dari peristiwa tertentu akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Dana yang diberikan oleh pihak asuransi ini berasal dari premi asuransi yang dibayarkan setiap bulannya oleh nasabah.

2. Mendapatkan Jaminan Perlindungan

Sebagian orang menilai bahwa fungsi premi asuransi yaitu sebagai jaminan perlindungan atas berbagai macam risiko yang mungkin mereka alami. Oleh karena itu, tujuan membayar premi disini adalah untuk memperoleh jaminan tersebut sebagai bentuk dari upaya menjaga diri dan keluarga dari hal-hal tidak terduga.

Dengan adanya asuransi yang diikuti dengan pembayaran premi, maka berbagai kemungkinan kerugian yang tidak diinginkan di kemudian hari dapat diminimalisir.

Jenis-jenis Premi Asuransi

Premi asuransi terbagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenisnya memiliki ciri khas dan karakteristiknya sendiri. Anda dapat memilih premi asuransi tersebut berdasarkan atas kebutuhan yang paling mendesak ataupun memiliki risiko kerugian yang besar.

Di bawah ini adalah jenis premi asuransi beserta penjelasannya.

1. Premi asuransi kesehatan

Jenis premi asuransi pertama yakni premi asuransi kesehatan. Premi asuransi kesehatan adalah premi yang akan memberikan jaminan untuk perlindungan kesehatan nasabah. Apabila Anda membayar premi asuransi kesehatan, maka semua biaya pengobatan apabila sewaktu-waktu sakit akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kesulitan dalam biaya rumah sakit,karena premi asuransi kesehatan akan menutupi biaya tersebut termasuk biaya obat.

Besaran biayanya sendiri ditanggung bergantung dari berapa premi yang dibayarkan setiap bulannya dan produk asuransi kesehatan apa yang diambil. Pastinya, membayar premi untuk proteksi kesehatan setiap bulan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan membayar biaya pengobatan yang terus naik dari waktu ke waktu.

Bisa dikatakan, membayar premi asuransi kesehatan sama dengan menabung uang untuk dana darurat jika sewaktu-waktu harus berobat dengan biaya yang tidak sedikit.

2. Premi asuransi kecelakaan diri

Jenis selanjutnya dari premi adalah premi asuransi kecelakaan diri. Premi ini dimaksudkan agar nasabah memperoleh uang pertanggungan akibat dari kecelakaan yang dialaminya.

Jadi, ketika nasabah harus dirawat karena kecelakaan, maka pihak asuransi akan membayarkan biaya pengobatan yang ditagihkan oleh pihak rumah sakit.

Premi jenis kecelakaan diri ini termasuk yang lebih rendah dibanding dengan premi yang lain.

3. Premi asuransi kendaraan

Tidak hanya diri Anda yang perlu dilindungi dengan asuransi. Tidak kalah penting dari itu, kendaraan juga perlu diikutkan dengan asuransi untuk melindungi jika terjadi kerusakan.

Premi asuransi kendaraan yang ditujukan untuk mendapat berbagai manfaat pertanggungan seputar kendaraan Anda, seperti biaya perbaikan akibat kerusakan baik sebagian atau kerusakan total, hingga kehilangan kendaraan.

Premi asuransi kendaraan

4. Premi asuransi perjalanan

Jenis premi asuransi selanjutnya ialah premi asuransi perjalanan. Ketika melakukan perjalanan yang jauh, tentu Anda juga butuh perlindungan yang tepat agar semua aman terkendali.

Oleh karena itu, premi asuransi ini hadir untuk membantu Anda menghindari risiko selama dalam perjalanan. Pertanggungan premi ini umumnya mencakup biaya medis, gangguan perjalanan, dan sebagainya.

5. Premi asuransi jiwa

Jenis selanjutnya ialah premi asuransi jiwa. Premi asuransi jiwa adalah premi dengan manfaat supaya dapat memperoleh uang pertanggungan untuk ahli waris yang ditunjuk sesuai kesepakatan.

Semakin tinggi uang pertanggungan, maka semakin besar pula premi yang harus Anda bayar. Dengan kata lain, besaran uang pertanggungan sangat mempengaruhi besaran premi asuransi Anda.

Baca juga: Unit Link Adalah Kombinasi Investasi dan Asuransi! Kenali di Sini

Perhitungan Premi Asuransi

Untuk menghitung besaran premi asuransi yang harus dibayarkan, Anda dapat menggunakan rumus baku yang umum digunakan oleh perusahaan asuransi. Berikut ini adalah rumus perhitungan premi asuransi.

Jumlah premi yang harus dibayarkan nasabah adalah hasil perkalian antara tarif premi asuransi dengan total harga pertanggungan. Di bawah ini adalah rumus cara menghitung premi

Jumlah Premi = Tarif Premi x Total Harga Pertanggungan

Untuk bisa menentukan tarif premi tergolong mudah, Anda hanya perlu berpedoman pada pertanggungan yang akan dibayarkan ke perusahaan asuransi. Di mana uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang nantinya akan dibayarkan perusahaan asuransi kepada tertanggung atau nasabah ketika terjadi risiko yang telah ditentukan di dalam polis seperti sakit, cacat, kematian, dan lainnya.

Faktor yang Mempengaruhi Besaran Premi Asuransi

Ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya dana premi asuransi yang dibayarkan setiap bulannya. Berikut beberapa hal yang dapat mempengaruhi besar kecilnya premi asuransi:

1. Jenis produk asuransi

Jenis produk asuransi menjadi salah satu faktor yang memengaruhi besaran premi. Anda harus memahami produk asuransi yang akan dipilih karena akan berpengaruh terhadap uang pertanggungan yang nantinya diberikan perusahaan asuransi.

2. Perkiraan klaim yang diajukan di masa depan

Perkiraan terkait klaim yang diajukan di masa depan juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi besaran premi. Misalnya dengan kondisi Anda saat ini yang sakit-sakitan atau bekerja di tempat yang berisiko tinggi, maka mungkin akan lebih sering mengajukan klaim dibandingkan dengan tertanggung asuransi yang tidak memiliki risiko tersebut. Hal inilah yang akan  menentukan besaran premi asuransi. Itulah alasan masing-masing nasabah asuransi membayar besaran premi yang berbeda. 

3. Jumlah uang pertanggungan yang diterima

Biasanya, uang pertanggungan akan sebanding dengan apa yang nasabah bayarkan. Ketika ingin mendapatkan uang pertanggungan yang besar, artinya Anda juga perlu membayar premi yang tinggi.

4. Profesi nasabah

Setiap pekerjaan memiliki risikonya masing-masing. Namun tingkat risiko kematian yang tinggi membuat Anda harus membayar premi yang tinggi. Oleh karena itu, perusahaan asuransi akan mempertimbangkan profesi nasabah apakah memiliki risiko tinggi atau sebaliknya.Beberapa profesi dengan risiko tinggi yang mengharuskan premi lebih besar antara lain adalah karyawan pertambangan, konstruksi bangungan, dan maskapai penerbangan.

Khusus untuk asuransi jiwa, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi besaran premi. Berikut adalah daftar faktor yang mempengaruhi premi asuransi jiwa.

  • Usia tertanggung
  • Kebiasaan merokok
  • Riwayat kesehatan
  • Jenis pekerjaan
  • Masa pertanggungan
  • Jumlah uang pertanggungan

Cara Membayar Premi Asuransi

Untuk memudahkan nasabah ketika hendak membayar premi asuransi, biasanya perusahaan asuransi akan menawarkan berbagai macam opsi metode untuk membayar premi yang mudah tapi tetap aman dan nyaman.

Berikut ini adalah beberapa opsi yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

  • Auto debet rekening/ kartu kredit
  • Virtual account
  • Open payment
  • Pembayaran langsung melalui kasir

Dari semua opsi metode membayar premi ini, cara pembayaran premi melalui auto debet rekening yang paling banyak digunakan, sebab bisa menghindarkan nasabah dari risiko keterlambatan.

Walaupun begitu, nasabah diberi kebebasan untuk membayar premi perlindungan tersebut. Semua pilihan cara membayar premi tersebut bisa dipilih sesuai dengan kenyamanan dan apa yang dirasa lebih mudah bagi nasabah.

Tips Memilih Premi Asuransi yang Tepat

Tips Memilih Premi Asuransi yang Tepat

Setelah melihat pentingnya premi asuransi bagi setiap orang, tentu akan sangat merugikan jika Anda tidak segera memilih premi untuk melindungi diri sekaligus keluarga dari berbagai kemungkinan.

Namun, memilih premi asuransi tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Dibutuhkan beberapa pertimbangan agar premi yang Anda pilih benar-benar memberikan manfaat untuk Anda sebagai pemegang polis asuransi.

Berikut ini adalah tips memilih premi asuransi yang tepat.

1. Pahami Produk Asuransi

Tips pertama untuk memilih produk asuransi adalah dengan memahami produk asuransi yang diinginkan sambil menyesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan finansial Anda. Pasalnya, Tidak semua asuransi memerlukan biaya besar, oleh karena itu jika Anda cermat, Anda akan mendapat asuransi terjangkau dan memiliki banyak manfaat.

Memahami produk asuransi ini juga berguna untuk meminimalisir peluang terjadinya penipuan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab dengan motif asuransi.

2. Persiapkan asuransi sedini mungkin

Tips kedua untuk memilih produk asuransi adalah mempersiapkan asuransi sedini mungkin. Perlu diingat bahwa usia juga merupakan salah satu faktor penentu besaran premi. Semakin tua usia Anda, maka semakin besar biaya premi yang harus dibayarkan karena risiko kesehatannya lebih tinggi.

Oleh karena itu, usahakan Anda membeli premi asuransi sejak muda. Sehingga, Anda mendapatkan manfaat premi yang sama namun dengan harga lebih terjangkau dibandingkan ketika membelinya di usia tua.

3. Utamakan produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa

Tips ketiga dalam memilih premi asuransi ialah mengutamakan yang paling penting dan berpotensi mengalami kerugian dalam jumlah besar jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

Dalam hal ini, Anda bisa mengutamakan produk asuransi kesehatan dan/ asuransi jiwa terlebih dahulu.

Pasalnya, maslaah kesehatan itu tidak ada yang bisa diprediksi. Anda tidak akan pernah tau kapan akan sakit dan harus berobat. Selain itu, perihal meninggal dunia juga sebuah hal yang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

Oleh karena itu, dirasa penting untuk mulai mempersiapkan semua itu sesegera mungkin. Dengan membayar premi asuransi jiwa dan premi asuransi kesehatan, setidaknya Anda tidak perlu takut untuk segera kerumah sakit ketika sakit.

Jika dalam memilih produk premi asuransi ini Anda mengalami kesulitan, maka datang ke konsultan keuangan atau financial Advisor adalah solusi yang tepat. Dengan datang ke konsultan keuangan, Anda akan mendapat arahan serta dibantu melakukan analisis premi asuransi mana yang seharusnya Anda ambil.

Salah satu financial advisor yang terpercaya adalah TMF Financial Advisor. Sebuah perusahaan yang menjadi mitra resmi dari Prudential. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang TMR Financial Advisor, silakan klik di sini.

Article written by Stephanie Tania
Pecinta Kuliner dan Jalan - Jalan. Stephanie Tania adalah penulis konten dari tim TMF Financial Advisor. Motto hidupnya adalah "kamu boleh buang uang, tapi tidak boleh buang waktu".
logo-tmf-white
​PERNYATAAN UMUM:
Website ini adalah website pribadi, BUKAN merupakan bagian dari PT. Prudential Life Assurance ataupun Grup keuangan lainnya. Website ini adalah media online dengan tujuan untuk penyampaian informasi dan memberi edukasi kepada masyarakat mengenai asuransi dan perencanaan keuangan. Konten yang ditulis ialah interpretasi pribadi.

© 2020 - 2024 by TMF Financial
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram